EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode Pembelajaran Example Non Example Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tarutung Tahun Pembelajaran 2010/2011. Metode penelitian ini bersifat eksperimen semu. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Tarutung yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 320 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 25% sehingga diperoleh sebanyak 80 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling yaitu menentukan kelas dilakukan dengan menggunakan pengundian yaitu memilih dua kelas dari 8 kelas pararel yang ada. Didapatkan kelas X6 dan kelas X7. Sampel kemudian dibagi menjadi 2 bagian yaitu 40 orang untuk kelas eksperimen yaitu X6 dan 40 orang untuk kelas kontrol yaitu X7. Instrument yang digunakan untuk menyaring data adalah esai tes. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata (mean) post test pada kelas eksperimen (X) = 76.875, standar deviasi = 8,115, dan termasuk pada kategori sangat baik = 30%, kategori baik 35%, kategori cukup =12%, kategori kurang = 2%. Sedangkan nilai rata-rata (mean) post test pada kelas kontrol (Y) =71.625 standar deviasi 6.786, dan termasuk kategori sangat baik 2.5%, kategori baik 35%, kategori cukup 50% dan kategori kurang 12.5%. Hasil post test dengan rata-rata 76.875 pada kelas eksperimen dan hasil post test dengan rata-rata (mean) 71.625 pada kelas kontrol. Berdasarkan uji normalitas, hasil post test dinyatakan berdestribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas bahwa data bersifat homogen. Maka diketahui to sebesar 3,0992. Selanjutnya, to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk =N-1, yakni 40-1=39, dari dk= 39 diperoleh taraf signifikan 5%= 2.04. Dengan demikian thitun > ttabel , yakni 3.0992> 2.04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alter natif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Example Non Example lebih efektif digunakan dibandingkan dengan metode pembelajaran demonstrasi dalam menulis paragraf deskripsi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Tarutung Tahun Pembelajaran 2010/2011. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima