EFEKTIVITAS METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIMANG GAJAH TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Metode Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi. Metode penelitan yang digunakan adalah metode eksperimen post-test only design group. Populasi penelitian berjumlah 140 siswa kelas X SMA Negeri 1 Timang Gajah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 orang siswa yang dibagi atas dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas diambil 36 siswa yang akan dijadikan sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik teknik random sampling (acak kelas). Sehingga diperoleh sampel 36 orang di kelas eksperimen dan 36 di kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ. Dari hasil analisis data ketahui bahwa ada perbedaan antara metode Think-Talk-Write (TTW) pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Timang Gajah. Metode Think-Talk-Write (TTW) memiliki Mean= 77,36, Standar Deviasi= 7,21, Standar Error= 1,22. Uji Normalitas Lhitung= 0,13 < Ltabel= 0,14. Homogenitas semua sampel= 0,32. Standar Error perbedaan kedua mean metode Think-Talk-Write (TTW) dan Metode Drill (latihan)= 1,57. Maka dapat dihitung nilai to = 4,42. tt 5% =2,00 dan t 1% = 2,65 karena to yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 2,00< 4,42 >2,65. Maka hipotesis nihil (Ho) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan metode Think-Talk-Write (TTW) lebih efektif digunakan dari pada metode Drill (latihan).