EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE ‘GAMBAR DAN GAMBAR’ TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA SWASTA JOSUA MEDAN T.P 2011/2012
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektifan metode pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SM A Swasta Josua Medan sebanyak 160 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 40 orang, 20 orang untuk kelas eksperimen dan 20 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis karangan deskripsi dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 72,25, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 64,25. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,65, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikansi 1% atau dengan df = (N1 +N2) - 2 = 38. Pada tabel t dengan df = 38 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,72 dan taraf signifikansi 1% = 2,03. Kriteria pengujian adalah H0 ditolak jika t0 < tt. Dari hasil pengujian menjelaskan bahwa t0 (3,65) < tt (1,70) pada = 0,05 dan t0 (3,6) > tt (2,46) pada 0,01 yang berarti bahwa baik pada = 0,05 maupun pada 0,01 H0 ditolak. Ini berarti Ha diterima jika ttabel< thitung> ttabel (2,03<3,65>2,72) maka hipotesis alternatif diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode picture and picture ‘gambar dan gambar’ lebih baik daripada metode ekspositori terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi