EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PROGRAM MACROMEDIA FLASH CS3 TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN REMAJA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 41 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Efektivitas Model pembelajaran berbasis komputer program macromedia flash Cs3 Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Remaja Siswa Kelas IX SMP Negeri 41 Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 240 orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 60 orang yaitu sampel yang sudah diacak. Sampel didapat dan dikelompokan menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Posttest Control Only Desain Group. Dengan desain tersebut akan dibandingkan hasil belajar menulis cerpen remaja siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis komputer program Macromedia Flash Cs3 dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis media cetak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar menulis cerpen remaja siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis komputer program Macromedia Flas Cs3 dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis media cetak. Data penelitian ini dianalisis dengan statistik âtâ. Setelah nilai thitung diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf 5% dengan df = (N1+N2)-2 = (30+30)-2 = 58. Pada tabel t taraf signifikansi 5% = 1,67 Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,78 > 1,67, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti pembelajaran menulis cerpen remaja lebih efektif menggunakan model pembelajaran berbasis komputer program macromedia flash Cs3 dibandingkan model pembelajaran berbasis media cetak