Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada materi FPB dan KPK dengan menggunakan model pembelajaran Creative Learning di kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalifah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan tes untuk siswa, lembar observasi untuk siswa dan lembar observasi untuk guru yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mempelajari FPB dan KPK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri 107400 Bandar Khalifah yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil pre tes yang diperoleh, 25 orang (83,33%) yang mendapat hasil belajar rendah (tidak tuntas) dan sebanyak 5 orang (16,67%) yang termasuk dalam kategori tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata sebesar 54,89. Sedangkan setelah pelaksanaan model pembelajaran creative learning diperoleh peningkatan pada proses pembelajaran pada proses pembelajaran maupun pada hasil belajar siswa. Namun kegiatan pembelajaran pada siklus I masih kurang baik. Pada hasil tes siklus I 13 orang (43,33%) siswa yang tuntas dan 17 orang siswa (56,67%) siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 64,89. Pada hasil tes siklus II terjadi peningkatan yang sangat baik dimana 2 orang siswa (6,67%) yang tidak tuntas, sedangkan 28 orang (93,33%) siswa yang termasuk kedalam kategori tuntas dengan nilai rata-rata adalah 81,78. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran creative learning pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalifah Tahun Ajaran 2015/2016.