PENGARUH KEGIATAN SENAM OTAK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-IHSAN TA 2016/2017
Daftar Isi:
- Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah masih rendahnya tingkat konsentrasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun di Tk Al-Ihsan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen only posstest control grup design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20 orang anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kegiatan senam otak, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah konsentrasi belajar anak. Instrument pengumpulan data yaitu panduan observasi. Analisis data menggunakan uji-t. dan observasi dilakukan pengobservasian dengan panduan observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 7,8 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 7, sehingga pengembangan konsentrasi belajar pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 5,3 dengan nilai tertinggi 6 dan nilai terendah 4, sehingga pengembangan konsentrasi belajar pada anak kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis yang menyatakan bahwa thitung (12,40) > ttabel (1,725) pada taraf α = 0,05. Dengan demikian kegiatan senam otak berpengaruh secara signifikan terhadap konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ihsan Kec Medan Petisah T.A 2016/2017.