Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Penguasaan Fisika Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik. 2) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik. 3) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Penguasaan Fisika dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik. Instrument penelitian terlebih dahulu diuji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, dan reliabilitas. 1) Hasil uji coba tes Penguasaan Fisika diperoleh 32 butir soal dari 40 butir soal yang diuji cobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,867 dan termasuk kategori sangat tinggi. 2) Hasil uji coba angket Disiplin Belajar 26 butir soal dari 31 butir soal yang diuji cobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,902 dan termasuk kategori sangat tinggi. 3) Hasil uji coba tes Hasil Belajar Mekanik Teknik 19 butir soal dari 30 butir soal yang diuji cobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,828 dan termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Penguasaan Fisika terhadap hasil belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi rx1y = 0,539 > rtabel = 0,334 dan thitung = 3,674 > ttabel = 1,692 dan korelasi parsial diperoleh rxy12 = 0,507 > rtabel = 0,334 dan thitung = 3,331 > ttabel= 1,692. 2) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi rx2y = 0,729 > rtabel = 0,334 dan thitung = 6,110 > ttabel = 1,692 dan dari korelasi parsial diperoleh rxy21 = 0,714 > rtabel = 0,334 dan thitung = 5,761 > ttabel = 1,692. 3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Penguasaan Fisika dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi ganda diperoleh rhitung > rtabel, Rxy = 0,651 > 0,334. Dengan demikian Penguasaan Fisika dan Disiplin Belajar Mempunyai Hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik