MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK – PAIR – SHARE PADA POKOK BAHASAN APROKSIMASI KESALAHAN DI KELAS X SMK NEGERI 2 SIBOLGA T.A 2016 / 2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) pada materi aproksimasi kesalahan di kelas X-TSM-I SMK Negeri 2 Sibolga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-TSM-I SMK Negeri 2 Sibolga T.A 2016/2017 yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif think-pair-share di kelas X SMK Negeri 2 Sibolga tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 19 siswa (54,29%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 33 siswa (94,29%) dari 35 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 70). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 68,21 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,89. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 12,68 dengan Gain Skor sebesar 0,39 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi aproksimasi kesalahan di kelas X-TSM-1 SMK Negeri 2 Sibolga T.A 2016/2017.