PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP SWASTA TAMAN HARAPAN MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi aritmatika sosial di kelas VII-2 SMP Swasta Taman Harapan Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi aritmatika sosial. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah I diperoleh 13 siswa (50%) dari 26 siswa telah mampu memecahkan masalah (nilainya ≥ 65). Setelah tindakan II melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah II diperoleh 24 siswa (92,31%) dari 26 siswa yang telah mampu memecahkan masalah (nilainya ≥ 65). Terjadi peningkatan persentase kelas telah mampu memecahkan masalah sebesar 42,31%. Nilai rata-rata pada tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I yaitu 66,69 dan pada siklus II meningkat menjadi 78,34. Peningkatan rata-rata yaitu sebesar 11,65. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan pemecahan masalah matematika siswa meningkat dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Swasta Taman Harapan Medan T.A 2016/2017.