PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran “Eksponen” di kelas X SMK Tritech Informatika Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini digunakan untuk mengungkapkan kendala dan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam eksponen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-TKJ SMK Tritech Informatika Medan yang berjumlah 25 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X-TKJ SMK Tritech Informatika Medan. Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data adalah tes awal, tes berpikir kreatif, dan observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Dari tes awal yang diperoleh nilai rata-rata 2,04 dengan tingkat ketuntasan 20%. Dari tes berpikir kreatif I yang diperoleh nilai rata-rata 2,45 dengan tingkat ketuntasan adalah 44%. Dari tes berpikir kreatif II yang diperoleh nilai rata-rata 3,22 degan tingkat ketuntasan belajar 84%. Berdasarkan hasil observasi guru yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori baik dengan nilai 80,33. Siklus II dalam kategori baik dengan nilai 92,85. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi eksponen tahun ajaran 2016/2017.