UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUTALIMBARU T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui strategi penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Kutalimbaru yang berjumlah 32 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa pada materi Fungsi Kuadrat tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematika siswa pada siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan karena persentase banyak siswa yang memperoleh nilai minimal 70 adalah 40,62% sedangkan indikator keberhasilan yang ingin dicapai adalah terdapat 80% siswa yang memiliki nilai minimal 70. Pada siklus II kemampuan penlaran matematika siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 87,5% siswa sudah mencapai nilai minimal 70. Karena semua indikator sudah dipenuhi maka kemampuan penalaran matematika siswa dalam pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.