Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis pendekatan realistik; 2) mendeskripsikan peningkatan self-efficacy matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis pendekatan realistik; 3) mengembangkan model pendekatan realistik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy matematis siswa yang efektif; 4) menemukan pendekatan realistik yang efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy matematis siswa; 5) mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan model pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian model pengembangan Plomp, yang dikemukakan oleh Plomp. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran berbasis pendekatan realistik telah memenuhi kualitas valid, praktis dan efektif. Adapun tahap-tahap dalam pengembangan model ini adalah tahap investigasi awal, tahap desain, tahap realisasi, dan tahap tes, evaluasi dan revisi. Adapun sintaks model pembelajaran berbasis pendekatan realistik adalah (1) memahami masalah kontekstual, (2) menjelaskan masalah kontekstual, (3) menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan media/alat peraga goeboard, (4) membandingkan/mendiskusikan jawaban dengan menggunakan media/alat peraga goeboard, (5) menyimpulkan.