PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 ACEH BARAT DAYA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran discovery learning berbantuan software Autograph dan tanpa berbantuan software Autograph, (2) Menganalisis peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran discovery learning berbantuan software Autograph dan tanpa berbantuan software Autograph, (3) Menganalisis adanya interaksi antara pembelajaran dengan jenis kelamin siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, (4) Menganalisis adanya interaksi antara pembelajaran dengan jenis kelamin siswa terhadap peningkatan disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Aceh Barat Daya Kabupaten Aceh Barat Daya Provinsi Aceh yang berjumlah 131 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teknik cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran discovery learning berbantuan software Autograph lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran discovery learning tanpa berbantuan software Autograph, (2) Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran discovery learning berbantuan software Autograph lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran discovery learning tanpa berbantuan software Autograph, (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan jenis kelamin siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan jenis kelamin siswa terhadap peningkatan disposisi matematis siswa.