Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid pararel menggunakan strategi konvensional berbantuan media gambar pada siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid pararel menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching berbantuan media gambar pada siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran quantum teaching berbantuan media gambar terhadap hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid pararel kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 67 orang siswa yaitu kelas XI Tata kecantikan A berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI tata kecantikan B sebagai kelas Kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan dari 5 orang yang berkompeten dalam hal pemangkasan rambut dasar solid parallel. Analisis data yang digunakan adalah uji parametric yaitu uji t dengan uji persyaratan normalitas data dan homogenitas data. Dari hasil uji normalitas data kelas eksperimen diperoleh L_o=0,1329<L_tabel=0,1566 sehingga data berdistribusi normal. Uji normalitas data kelas control diperoleh L_o=0,0918<L_tabel=0,1498 sehingga data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data diperoleh F_tabel=1,81>F_hitung=1,39 sehingga kedua varians data penelitian adalah sama atau homogeny. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid parallel dengan menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching berbantuan media gambar berada pada kategori tingggi (71,88%). Hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid parallel dengan pembelajaran konvensional berbantuan media gambar berada pada kategori cukup (59,38%). Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung=4,85 dan t_tabel=2,00 dengan α=0,05 dan derajat kebebasan 65 sehingga t_hitung<t_tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran quantum teaching berbantuan media gambar terhadap hasil belajar pemangkasan solid pararel siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan.