Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil belajar pengolahan makanan kontinental siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping, (2) mengetahui hasil belajar pengolahan makanan kontinental siswa yang diajarkan dengan model konvensional, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar pengolahan makanan kontinental siswa kelas XI SMK Negeri 1 Simanindo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian two group pretes-postest. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Simanindo. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 60 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling (Teknik Total) terdiri dari 2 variabel, yaitu model pembelajaran Mind Mapping (X), dan hasil belajar pengolahan makanan kontinental (Y). Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan dengan menerapkan kelas eksperimen, model pembelajaran Mind Mapping diperoleh hasil belajar cukup dengan 50% dengan rata-rata hitung sebesar 74,60 dan standar deviasi 6,91.Dibandingkan dengan kelas kontrol diperoleh hasil belajar kurang dengan 46,66% dengan rata-rata hitung sebesar 68,43 dan standar deviasi 8,77.Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk postes diperoleh thitung > ttabel (3,075 >1,671), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dimana hasil belajar pengolahan makanan kontinental pada materi sauce dan turunanya dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping (Peta Konsep) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Simanindo.