HUBUNGAN MINAT MASUK PENDIDIKAN KEJURUAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA TINGKAT II PROGRAM KEAHLIAN MESIN PRODUKSI DI SMK N 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Sianturi, Pemuda Zulkifri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23455/1/01.%20NIM.%205123121021%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23455/5/02.%20NIM.%205123121021%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23455/2/03.%20NIM.%205123121021%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23455/7/04.%20NIM.%205123121021%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23455/6/05.%20NIM.%205123121021%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23455/8/06.%20NIM%2C%205123121021%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23455/10/07.%20NIM.%205123121021%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23455/9/08.%20NIM%205123121021%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23455/4/09.%20NIM%205123121021%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23455/3/13.%20NIM%205123121021%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23455/1/14.%20NIM%205123121021%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23455/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan minat Masuk Pendidikan Kejuruan dan Motivasi Belajar secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik siswa tingkat II Program Keahlian Mesin Produksi SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Balige berjumlah 52 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah 26 orang siswa kelas XI yang ditentukan dengan metode proporsional random sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan tes objektif, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Minat Masuk Pendidikan Kejuruan dan Motivasi Belajar Siwa. Sedangkan untuk variabel Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik dijaring dengan menggunakan tes objektif berbentuk pilihan berganda. Jumlah instrumen angket Minat Masuk Pendidikan Kejuruan sebanyak 30 soal dan 28 soal yang valid dengan reliabilitas 0,852 tergolong sangat tinggi. Sedangkan jumlah instrumen angket Motivasi Belajar Siswa sebanyak 30 soal dan 28 soal yang valid dengan reliabilitas 0,894 dan tergolong sangat tinggi. Sedangkan jumlah instrumen tes hasil belajar mata pelajaran Menggambar Teknik sebanyak 40 soal dan 22 soal yang valid dengan reliabilitas 0,861 dan tergolong kriteria tinggi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil analisis regresi sebagai berikut : Fh = 12,953 harga Ft = 3,21 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh > Ft (12,953 ≥ 3,21). Bahwa persamaan regresi Y = 16,61 + 0,127 X1 + 0,637 X2 dapat dipertanggungjawabkan untuk menarik kesimpulan mengenai hubungan hubungan antara Minat Masuk Pendidikan Kejuruan dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik. Dengan demikian hipotesis terdapat hubungan yang positif antara Minat Masuk Pendidikan Kejuruan dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik dari siswa tingkat II SMK N 1 Balige dapat diterima sebesar r = 0,613, menggunakan rumus product moment pada taraf signifikansi 5%.