PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEMBACA GAMBAR TEKNIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XII TEKNIK PERMESINAN DI SMK YPT PANGKALAN BERANDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan menggambar teknik oleh siswa kelas XII SMK YPT Pangkalan Berandan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII TP SMK YPT Pankalan Berandan yang berjumlah 92 orang. Dari populasi ini diambil sampel 2 kelas yaitu, kelas XII TP II dan XII TP III, yang terdiri dari 31 orang dan 30 orang dengan jumlah 61 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian eksperimen menggunakan pretest posttest. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes menggambar. Distribusi data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa menggambar teknik sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 61,26. Kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaraan project based learning berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata posttest sebesar 73,46. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan data posttest berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung tidak sama dengan ttabel yaitu 4,573 ≠ 2,001, maka hipotesis hanol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional untuk mata pelajaran membaca gambar teknik kelas XII teknik permesinan di SMK YPT Pangkalan Berandan pada tahun ajaran 2016/2017.