MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 2 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together mata pelajaran menggambar teknik pada sub bab pandangan, potongan dan penulisan ukuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together mata pelajaran menggambar teknik pada sub bab pandangan, potongan dan penulisan ukuran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 18 siswa (56,25%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 14 siswa (43,75%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 74,94 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 56,25%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 27 siswa (84,38%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (15,62%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,46 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 84,38%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai dari 18 siswa yang tuntas pada siklus I bertambah sebanyak 9 siswa pada siklus II menjadi 27 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 14 siswa yang tidak tuntas pada siklus I menjadi 5 siswa pada siklus II, karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa pada sub bab pandangan, potongan dan penulisan ukuran.