Daftar Isi:
  • Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran IPS materi pokok macam-macam peninggalan sejarah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus dan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091609 Sinaksak yang berjumlah 20 orang siswa dengan jumlah laki-laki 11 orang siswa dan 0 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Berdasarkan analisis hasil angket pada siklus I yang memiliki motivasi belajar dengan kriteria belum termotivasi 15 orang siswa (75%), siswa yang memiliki kriteria kurang termotivasi 2 orang siswa (10%), siswa yang memiliki kriteria cukup termotivasi 1 orang siswa (5%), siswa yang memiliki kriteria termotivasi 2 orang siswa (10%) dan tak ada seorang pun siswa yang memiliki kriteria sangat termotivasi. Selanjutnya pada siklus II tidak ada siswa yang memiliki kriteria belum termotivasi, tidak ada siswa yang memiliki kriteria kurang termotivasi, 1 orang siswa (5%) memiliki kriteria cukup termotivasi, 4 orang siswa (20%) yang memiliki kriteria termotivasi dan 15 orang siswa (75%) memiliki kriteria sangat termotivasi. Berdasarkan analisis hasil observasi motivasi belajar siswa adanya peningkatan persentase motivasi belajar siswa dari siklus I pertemuan I, siklus I pertemuan II, siklus II pertemuan I, dan siklus II pertemuan II. Pada siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata 59,45%, siklus I pertemuan II diperoleh rata-rata 71,91%, siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata 83,93% dan siklus II pertemuan II diperoleh 90,74%. Berdasarkan lembar observasi mengajar guru adanya peningkatan dari siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata 65%, siklus I pertemuan II diperoleh rata-rata 80%, siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata 92,5% dan siklus II pertemuan II diperoleh rata-rata 97,5%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi pokok macam-macam peninggalan sejarah