PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X TKR SMK SWASTA RAKSANA 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Sihotang, Frans A.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23402/2/01.%20NIM%205123122014%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23402/5/02.%20NIM%205123122014%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23402/7/03.%20NIM%205123122014%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23402/8/04.%20NIM%205123122014%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23402/9/05.%20NIM%205123122014%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23402/10/06.%20NIM%205123122014%20TABLE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23402/11/07.%20NIM%205123122014%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23402/4/08.%20NIM%205123122014%20APENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23402/6/09.%20NIM%205123122014%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23402/1/13.%20NIM%205123122014%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23402/3/14.%20NIM%205123122014%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23402/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X TKR SMK swasta Raksana 1 Medan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 29 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 35 orang. Kelas Eksperimen 1 diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation), sedangkan kelas Eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X TKR SMK swasta Raksana 1 Medan tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,2381 > 1,663 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.