PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP TEORI HASIL BELAJAR RIAS WAJAH SEHARI- HARI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran example non example. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Beringin Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian sebanyak 66 siswa dari 2 kelas yaitu kelas X KC 1 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran example non example dan kelas X KC 2 sebanyak 34 orang siswa sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametric yaitu uji t dengan uji persyaratan analisis normalitas dan homogenitas data. Hasil uji normalitas data pretes eksperimen diperoleh 〖x^2〗_hitung=4,3012. Data postes eksperimen diperoleh 〖x^2〗_hitung=5,8676. Data pretes control diperoleh 〖x^2〗_hitung=1,1709. Data postes control diperoleh 〖x^2〗_hitung=6,7885. Dari table distribusi chi kuadrat diperoleh 〖x^2〗_tabel=11,07. Karena 〖x^2〗_hitung<〖x^2〗_tabel maka dapat disimpulkan bahwa semua data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data pretes diperoleh F_hitung=1,01. Uji normalitas data postes diperoleh F_hitung=1,19. Karena F_hitung<F_tabel maka varians data pretes dan data postes adalah homogen. Hasil penelitian ini adalah tingkat penguasaan siswa pada hasil belajar rias wajah sehari-hari materi pokok koreksi mata dengan model pembelajaran problem based learning tipe example non example berada pada kategori baik. Tingkat penguasaan siswa pada hasil belajar rias wajah sehari-hari materi pokok koreksi mata dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sangat kurang. Terdapat pengaruh pembelajaran problem based learning tipe example non example terhadap hasil belajar rias wajah sehari-hari materi pokok koreksi mata dimana pada pengujian hipotesis diperoleh nilai t_hitung=5,71>t_tabel=2,00. Berdasarkan hasil uji statistik juga diperoleh t_hitung=5,71 dan t_tabel=2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 64 sehingga t_hitung>t_tabel atau 5,71>2,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran problem based learning tipe example non example terhadap hasil belajar rias wajah sehari-hari materi pokok koreksi mata.