Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan penerapan variasi pembelajaran pada siswa kelas XI SMK SWASTA BUDI SETIA Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Adapun subjek penelitian adalah kelas XI SMK yang berjumlah 30 orang siswa dengan komposisi laki-laki berjumlah 6 orang dan perempuan berjumlah 24 orang. Setelah penenlitian dilakukan maka terkumpul data yaitu : (1) Dari hasil tes belajar sebelum mengadakan variasi pembelajaran data awal diperoleh 13 orang siswa (43,33%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 17 orang siswa (56,66%) yang belum tuntas dalam belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menerapkan variasi pembelajaran. (2) Dari tes hasil belajar dengan menerapkan variasi pembelajaran, maka pada siklus I diperoleh data bahwa 20 orang siswa (66,67%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 10 orang siswa (33.32%) yang belum tuntas dalam belajar. Maka melihat masih banyak siswa yang belum tuntas dilakukanlah siklus II. (3) Dari hasi tes belajar pada siklus II maka diperoleh 27 orang siswa (90,00%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 3 orang siswa (10,00%) yang belum tuntas dalam belajar. Dari perolehan data pada data awal, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan yaitu 23,33%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMK SWASTA BUDI SETIA Tahun Ajaran 2016/2017.