UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU BAHASA INDONESIA MELALUI SUPERVISI AKADEMIK MODEL ILMIAH DI SMP KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun RPP dan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Serdang Bedagai dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa: (1) supervisi akademik dapat mengembangkan kinerja guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil Pra siklus tergolong kurang dengan rata-rata nilai 55,41. Dari 15 orang guru yang diteliti pada kegiatan pra siklus belum ada (0%) guru yang tuntas. Hasil Siklus I tergolong cukup dengan rata-rata nilai 71,31. Dari 15 orang guru yang diteliti pada kegiatan Siklus I terdapat 4 guru (26,67%) yang tuntas dalam menyusun RPP dan 11 guru (73,33%) yang belum tuntas. Hasil Siklus II tergolong baik dengan rata-rata nilai sebesar 80,11. Dari 15 orang guru yang diteliti pada kegiatan Siklus II seluruhnya (100%) tuntas dalam menyusun RPP; dan (2) supervisi akademik dapat mengembangkan kinerja guru melaksanakan pembelajaran di kelas. Hasil Pra siklus dari 15 orang guru belum ada (0%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 58,32 (termasuk kategori kurang). Hasil Siklus I diperoleh 5 guru (33,33%) yang tuntas dan 10 guru (66,67%) yang belum tuntas, dengan nilai rata-rata 73,33 (termasuk kategori cukup). Hasil Siklus II diperoleh seluruhnya (100%) tuntas, dengan nilai rata-rata 84,98 (termasuk kategori baik). Hasil penelitian diperoleh bahwa kinerja guru yang baik dalam menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran akan meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.