Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Iinquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis kelas XI SMAN 9 Medan T.P. 2015 / 2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 9Medan T.P. 2015 / 2016. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inquiry Training, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test essay sebanyak 10 soal, observasi aktivitas dalam domain sikap dan keterampilan siswa. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiry Training diperoleh rata-rata Pre-test 38,86 dan nilai rata-rata Post-test 76,29. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 37,57 dan rata-rata Post-test 62,86. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t postes thitung adalah 5,779 sedangkan ttabel adalah 1,668 pada taraf nyata 0,05 artinya 95% Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang berarti dari model pembelajaran Inquiry Training secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis kelas XI SMAN 9 Medan T.P 2015/2016. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa pada model pembelajaran Inquiry Training mempengaruhi hasil belajar siswa dalam proses, individu dan kelompok.