PENGARUH KONSEP DIRI DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TARUTUNG T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahya pestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tarutung. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tarutung. Jalan Melanthon Siregar, Tangsi Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tarutung yang berjumlah 113 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling yaitu berjumlah 53 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan SPSS 20.0. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunkan uji F. Pengaruh variabel konsep diri dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tarutung ditunjukkan oleh persamaan regresi linear berganda yaitu : Y = 32,284 + 0,462