ctrlnum 23348
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23348/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA &#xD; PADA MATERI POKOK RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P 2016/2017</title><creator>Sinaga, Rio Chapwell</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LC Special aspects of education</subject><subject>QC501 Electricity</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian arus searah kelas XII semester I di SMA Negeri 9 Medan T.P 2016/2017.&#xD; Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas XII-IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII-IPA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 20 lembar observasi aktivitas belajar siswa.&#xD; Pengujian data pretest dari kedua kelas menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini dilakukan observasi aktivitas siswa, dimana tiap pertemuan ada peningkatan nilai aktivitas dan diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I hingga Pertemuan III dengan kategori aktif.&#xD; Dari hasil pengujian t terhadap nilai postest dari kedua kelas terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian</description><date>2017-01-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/1/1.%20NIM%204123121060%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/2/2.%20NIM%204123121060%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/3/4.%20NIM%204123121060%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/4/5.%20NIM%204123121060%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/5/6.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/6/7.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/7/8.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/8/9.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/9/10.%20NIM%204123121060%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/10/14.%20NIM%204123121060%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/11/15.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Sinaga, Rio Chapwell (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23348</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sinaga, Rio Chapwell
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P 2016/2017
publishDate 2017
isbn 204123121060
topic LB Theory and practice of education
LB1603 Secondary Education. High schools
LC Special aspects of education
QC501 Electricity
url http://digilib.unimed.ac.id/23348/1/1.%20NIM%204123121060%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23348/2/2.%20NIM%204123121060%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23348/3/4.%20NIM%204123121060%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23348/4/5.%20NIM%204123121060%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23348/5/6.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23348/6/7.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23348/7/8.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23348/8/9.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23348/9/10.%20NIM%204123121060%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23348/10/14.%20NIM%204123121060%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23348/11/15.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23348/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian arus searah kelas XII semester I di SMA Negeri 9 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas XII-IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII-IPA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 20 lembar observasi aktivitas belajar siswa. Pengujian data pretest dari kedua kelas menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini dilakukan observasi aktivitas siswa, dimana tiap pertemuan ada peningkatan nilai aktivitas dan diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I hingga Pertemuan III dengan kategori aktif. Dari hasil pengujian t terhadap nilai postest dari kedua kelas terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian
id IOS3150.23348
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:42:41Z
last_indexed 2017-07-11T01:42:41Z
recordtype dc
_version_ 1766033430793945088
score 17.538404