PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P 2016/2017
ctrlnum |
23348 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23348/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA 
PADA MATERI POKOK RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P 2016/2017</title><creator>Sinaga, Rio Chapwell</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LC Special aspects of education</subject><subject>QC501 Electricity</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian arus searah kelas XII semester I di SMA Negeri 9 Medan T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas XII-IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII-IPA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 20 lembar observasi aktivitas belajar siswa.
Pengujian data pretest dari kedua kelas menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini dilakukan observasi aktivitas siswa, dimana tiap pertemuan ada peningkatan nilai aktivitas dan diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I hingga Pertemuan III dengan kategori aktif.
Dari hasil pengujian t terhadap nilai postest dari kedua kelas terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian</description><date>2017-01-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/1/1.%20NIM%204123121060%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/2/2.%20NIM%204123121060%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/3/4.%20NIM%204123121060%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/4/5.%20NIM%204123121060%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/5/6.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/6/7.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/7/8.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/8/9.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/9/10.%20NIM%204123121060%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/10/14.%20NIM%204123121060%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23348/11/15.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Sinaga, Rio Chapwell (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23348</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sinaga, Rio Chapwell |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATERI POKOK RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P 2016/2017 |
publishDate |
2017 |
isbn |
204123121060 |
topic |
LB Theory and practice of education LB1603 Secondary Education. High schools LC Special aspects of education QC501 Electricity |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/23348/1/1.%20NIM%204123121060%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23348/2/2.%20NIM%204123121060%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23348/3/4.%20NIM%204123121060%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23348/4/5.%20NIM%204123121060%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23348/5/6.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23348/6/7.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23348/7/8.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23348/8/9.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23348/9/10.%20NIM%204123121060%20BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23348/10/14.%20NIM%204123121060%20BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23348/11/15.%20NIM%204123121060%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23348/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian arus searah kelas XII semester I di SMA Negeri 9 Medan T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas XII-IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII-IPA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 20 lembar observasi aktivitas belajar siswa.
Pengujian data pretest dari kedua kelas menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini dilakukan observasi aktivitas siswa, dimana tiap pertemuan ada peningkatan nilai aktivitas dan diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I hingga Pertemuan III dengan kategori aktif.
Dari hasil pengujian t terhadap nilai postest dari kedua kelas terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian |
id |
IOS3150.23348 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-07-11T01:42:41Z |
last_indexed |
2017-07-11T01:42:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033430793945088 |
score |
17.538404 |