PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pantai CerminT.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pantai Cermin yang beralamat di Jalan Mayjen H. T. Rizal Nurdin No.01 Desa Kota Pari. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi kelas XI IIS yaitu kelas XI IIS 1 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IIS 2 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah diuji coba dan dianalisis. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 50,88 dengan SD 10,46 dan nilai rata-rata post test setelah diberi perlakuan model pembelajaran Student Teams Achievement Division sebesar 82,70 dengan SD 8,45. Sedangkan nilai rata-rata pre test kelas kontrol sebesar 50,46 dengan SD 12,11 dan nilai rata-rata post test setelah diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional sebesar 67,00 dengan SD 9,63. Dari perhitungan uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf siginifikansi