UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DI KELAS IX SMP NEGERI 13 MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana strategi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas IX SMP negeri 13 Medan T.A 2016/2017, (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas IX SMP negeri 13 Medan T.A 2016/2017, (3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas IX di SMP negeri 13 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-I SMP Negeri 13 Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 13 Medan T.A 2016/2017. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis I diperoleh 17 siswa (53,12%) dari 32 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya ≥70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis II diperoleh 28 siswa (87,5%) dari 32 siswa yang telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya ≥70). Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis siswa untuk setiap aspek yang diteliti, persentase siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematika minimal kategori sedang (nilainya ≥ 70) pada aspek menggambar sebesar 51,18%, pada aspek representasi sebesar 40,63%, pada aspek menulis/menjelaskan sebesar 40,15%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut : persentase siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya ≥ 70) pada aspek menggambar sebesar 87,50%, pada aspek representasi sebesar 84,25%, pada aspek menulis/menjelaskan sebesar 84,38%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 13 Medan T.A 2016/2017.