Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatan hasil belajar lempar lembing melalui pendekatan saintifik dan media modifikasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Kabupaten Toba Samosir Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari 32 siswa, 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses lempar lembing. Berdasarkan hasil data awal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Kabupaten Toba Samosir. Dari 32 siswa terdapat 11 siswa (34,37%) yang tidak tuntas dan 21 siswa (65,63) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 2,38. Hasil dari siklus I terdapat 11 siswa (34,37%) yang tidak tuntas dan 21 siswa (65,63%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 2,57. Di siklus II terdapat 3 siswa (9,38%) yang tidak tuntas dan 29 siswa (90,62%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 2,79. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (≥85%) telah tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan Melalui Penerapan pendekatan saintifik dan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar lempar lembing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Kabupaten Toba Samosir Tahun Ajaran 2016/2017.