Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII3 Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kisaran Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK) dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII3 yang terdiri dari 30 siswa, objek dalam penelitian ini adalah pendekatan bermain dalam upaya meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII3 SMP Negeri 3 Kisaran Tahun ajaran 2016/2017. Instrument yanga digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian teknik dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok dan lembar observasi proses pembelajaran. Dari tes hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain (data awal) diperoleh 10 orang siswa (33,33%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 20 orang siswa (66,67%) belum mencapai ketuntasan belajar.Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 65. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain. Berdasarkan dari tes hasil belajar lompat jauh gaya jongkok, pada siklus I diperoleh 18 orang siswa (60,00%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 orang siswa ( 40,00%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 69. Pada siklus II diperoleh 26 orang siswa ( 86,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang siswa (13,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 76. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu selisih 7 angka dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 26,67%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok pada siswa kelas VII3 SMP NEGERI 3 KI