Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perbaikan belajar servis panjang forehand melalui penerapan gaya mengajar resiprokal. pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sosopan Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 36 orang, yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran servis panjang forehand bulutangkis melalui penerapan gaya mengajar resiprokal. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar servis panjang forehand bulutangkis. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 15 orang siswa (41,66%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 21 orang siswa (58,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. (2) Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 30 orang siswa (83,33%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 6 orang siswa (16,66%) masih belum tuntas. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal dapat memberikan perbaikan terhadap proses hasil belajar servis panjang forehand pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sosopan Tahun Ajaran 2015/2016