Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar lompat jauh gaya menggantung dengan penerapan media modifikasi pada siswa kelas XI TKR SMK Swasta Pemda Kisaran Kab. Asahan pada tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan deskripsi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Swasta Pemda Kisaran Tahun Ajaran 2016-2017 yang berjumlah 24 orang, diantaranya terdiri dari 24 orang siswa putra. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar lompat jauh gaya menggantung yaitu (62,50%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (37,50%) siswa yang belum tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan teknik lompat jauh gaya menggantung pada siklus I secara keseluruhan mencapai (74,47). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar lompat jauh gaya menggantung yaitu (91,67%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (8,33%) siswa yang belum tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan teknik teknik lompat jauh gaya menggantung pada siklus II mencapai (80,98%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media modifikasi dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap proses pembelajaran lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas XI TKR SMK Swasta Pemda Kisaran Kab. Asahan Tahun Ajaran 2016/2017.