PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR STRUKTUR ATOM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMA NEGERI 1 SALAK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media power point terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Sturuktur Atom menggunakan Problem Based Learning . Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri I Salak Pakpak Bharat T.A. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Salak Pakpak Bharat yang terdiri dari 6 (enam) kelas. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masingmasing berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model problem based learning dengan mengunakan media power point, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model problem based learning tanpa menggunakan media power point. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 38,2 dan postest 76,8. Sedangkan siswa pada kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pretest 38,8 dan postest 67,2. Uji hipotesis pertama dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung = 4,1065; ttabel = 1,6827 untuk α = 0,05 dan db = 46. Dengan demikian thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima yakni ada pengaruh media Power Point terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode belajar Problem Based Learning pada materi struktur atom di SMA Negeri 1 Salak..