Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe NHT yang dilengkapi media Worksheet pada pokok bahasan Sturuktur Atom. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA KARTIKA I-2 T.A. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA KARTIKA I-2 yang terdiri dari 7 (tujuh) kelas. Sampel ditetapkan dengan random sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,616). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan, siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw dengan media lembar kerja siswa (Work Sheet) lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan media lembar kerja siswa (Work Sheet). Pada kelas Eksperimen 1 terjadi peningkatan hasil belajar 73% sedangkan pada kelas eksperimen 2 peningkatan yang terjadi lebih rendah yaitu 66%.