Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk pembuatan media video pembelajaran berlangsung dan Untuk mengetahui implementasi media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kultur jaringan di SMA MUHAMMADIYAH 09 Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 9 Kualuh-Hulu Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian diambil melalui hasil pre test dan pos test. Varians nilai pretes siswa sebesar 42,01. Standar deviasi pretes siswa sebesar 6,48. Sedangkan rata-rata nilai postes siswa sebesar 73,88. Varians nilai postes siswa 85,54. Standar deviasi nilai postes siswa sebesar 9,25. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran pada materi pokok kultur jaringan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 41,96. Berdasarkan hasil perhitungan uji t berpasangan diperoleh . Dari distribusi t dengan dengan dk = N -1 = 34 diperoleh t table = 2,03. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh bahwa maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu Terdapat perubahan hasil belajar setelah penggunaan media video pembelajaran materi pokok kultur jaringan di SMA MUHAMMADIYAH 09 Tahun Pembelajaran 2016/2017.