Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan media gambar dan media alat peraga. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Prayatna Medan yaitu sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 146 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan secara acak, yaitu kelas Eksperimen I (XI-2) dan kelas Eksperimen II (XI-3) masing-masing sebanyak 38 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektifitas yaitu untuk soal postest sebanyak 20 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Liliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar yang diajarkan menggunakan media gambar dan media alat peraga dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,98>0,78 pada taraf ∝ = 0,05. Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postest sebesar 82,76. Sedangkan hasil beajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata postest sebesar 76,44.