Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan Snowball Throwing pada Klasifikasi makhluk hidup di kelas VII SMP Negeri 11 Binjai tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan rancangan penelitian yang digunakan adalah “Only Post-test Group Design”. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA. Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 86 orang terdiri dari 2 kelas. Kelas VII1 diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan kelas VII2 diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Talking Stick (63,023 ± 17,29) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Snowball Throwing (62,093 ± 11,659). Hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil tersebut tidak ada perbedaan pada taraf kepercayaan   0,05