Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Lubukpakam. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara classter random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas Kontrol dengan masing-masing berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar afektif dan psikomotorik siswa. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki peningkatan yang lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Lubukpakam Tahun Ajaran 2015/2016.