PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MEMANFAATKAN PANEL DAN WIRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN PADA SISWA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 2 MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memanfaatkan panel dan wiring untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memanfaatkan panel dan wiring untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 26 siswa (76,47%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 8 siswa (23,52%) lainnya belum tuntas. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 28 siswa (82,35%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 siswa (17,64%) lainnya belum tuntas .Presentase peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 5,88%. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa.