Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari 36 siswa. Adapun instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah berupa lembar penilaian portofolio tes hasil belajar. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk lari sprint 50 Meter dengan menggunakan metode pendekatan bermain. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 20 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 55,56% dengan nilai rata-rata 64,58 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 16 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 44.44%. Ini berarti kriteria ketuntasan minimal (>75) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 31 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 78,44 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa 13,89% . Ini berarti kriteria ketuntasan minimal (>75) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan Melalui metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2016/2017.