PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI SISWA KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 8 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Gizi. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Gizi. 3)Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar Ilmu Gizi. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 8 Medan. Waktu penelitian di mulai September- Desember 2016. Penentuan kelas dilakukan secara simple random sampling sehingga sampel terdiri dari 2 kelas berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisi data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan chi-kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Gizi termasuk kategori cenderung tinggi dengan persentase sebesar 91,67 persen dan tingkat kecenderungan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Gizi termasuk kategori cenderung cukup dengan persentase sebesar 86,11 persen. Hasil anasis uji normalitas untuk hasil belajar Ilmu Gizi siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan nilai X2hitung < X2tabel (10,43<11,070) dan hasil analisis uji normalitas untuk hasil belajar Ilmu Gizi siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan nilai X2hitung < X2tabel (4,25<11,070) pada taraf signifikan (5%) adalah berdistribusi normal. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar Ilmu Gizi dengan nilai thitung > ttabel (5,008 > 1,666) pada taraf signifikan 5%. Artinya, model pembelajaran Jigsaw dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Gizi.