Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII SMP Swasta Al-Azhar Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Dari hasil data awal (pretest) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing bawah masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Al-Azhar Medan yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar passing bawahyaitu 13 orang (43,33%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 17 orang (56,66%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan passing bawah pada siklus I memiliki ratarata (66,64). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar passing bawahyaitu 26 orang (86,66%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 4 orang (13,33%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan pada siklus II memiliki rata-rata (80,70%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar passing bawah bola voli belajar pada siswa kelas VIII SMP Swasta Al-Azhar Medan Tahun Ajaran 2016/2017.