Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study terintegrasi praktikum terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi termokimia dan proses pelaksanaan indikator pembelajaran lesson study pada siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik acak (random sampling) yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model inkuiri berbasis lesson study terintegrasi praktikum dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Data yang diperoleh dengan analisis uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (23,08 > 1,667), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study terintegrasi praktikum berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi termokimia. Rata-rata gain hasil belajar kelas eksperimen 83,6% ± 0,076 dan kelas kontrol 38,9% ± 0,081. Kemudian proses pelaksanaan indikator pembelajaran lesson study dapat dilihat dari rata-rata persentase keterlaksanaan indikator pembelajaran lesson study pada pertemuan pertama dan kedua yaitu sebesar 62,5 % menjadi 84,38%.