PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA AL-HIDAYAH MEDAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi Virus dikelas X SMA Al-Hidayah T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 105 orang. Pengambilan sampel diambil secara Random sampling sebanyak dua kelas yaitu X-2 sebagai kelas Numbered Head Together (NHT) dengan jumlah siswa 33 orang dan kelas X-3 sebagai kelas Student Teams Achievement Division (STAD) dengan jumlah siswa 36 orang, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 orang. Alat yang digunakan untuk pengambilan data adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas X-2 Numbered Head Together (NHT) diperoleh X ̅ 79,79 ± 9,50 dan pada kelas X-3 Student Teams Achievement Division (STAD) diperoleh X ̅ 76,75 ± 11,62. Adanya perbedaan hasil tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan taraf α = 0,05, dimana thitung > ttabel (12,60 > 1,998) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada tipe STAD pada materi virus dikelas X SMA Al-Hidayah T.P 2016/2017.