PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TPS DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SPLDV DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUALATA.2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linier Dua Variabel) di kelas X SMAN 1 Kuala. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kuala yang terdiri dari 9 kelas. Dua kelas dijadikan sampel, yaitu kelas X-1 yang merupakan kelas eksperimen A sebanyak 40 orang dan kelas X-2 yang merupakan kelas eksperimen B sebanyak 40 orang. Kelas eksperimen A menggunakan model pembelajaran tipe TPS (Think Pair Share) dan pada kelas eksperimen B menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan test, dengan test essay sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen A diperoleh rata-rata pre-test 29,5 dan simpangan baku pre-test 10,896 sedangkan nilai rata-rata post-test 78,75 dan simpangan baku post-test 9,816. Pada kelas eksperimen B diperoleh nilai rata-rata pretest 24 dan simpangan baku pre-test 11,029 sedangkan nilai rata-rata pos-test 72,65 dan simpangan baku post-test 8,891. Dari analisa data post-test dengan menggunakan uji-t taraf α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 2,908 dan ttabel = 1,994 Sehingga diperoleh thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division Kelas X SMA Negeri 1 Kuala