Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Number Head Together dengan Student Team Achievement Division pada materi pokok virus di Kelas X IPA SMA Dharmawangsa Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah “Pretes Postes Grub Design”. Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 79 orang terdiri dari 2 kelas. Dimana Kelas X IPA1 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, dan kelas X IPA2 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Number Head Together adalah 78,44 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division dengan rata-rata 73,83. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung>ttabel (2,097 > 1,994), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together pada materi pokok virus di kelas X IPA SMA Dharmawangsa Medan tahun pembelajaran 2016/2017 lebih baik dibandingkan dengan Student Team Achievement Division dan berbeda secara signifikan pada α = 0,05