Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dalam aspek kognitif dan afektif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa dalam aspek kognitif yang diambil dari pemberian test pada awal dan akhir pembelajaran sebanyak 25 soal, dalam aspek afektif diambil dengan cara observasi oleh 3 orang observer. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dalam aspek kognitif yaitu 80 dengan kualifikasi baik. Pada aspek afektif, nilai rata-rata pada pertemuan pertama yaitu 77,5 dengan kualifikasi cukup dan nilai rata-rata pada pertemuan kedua yaitu 80,5 dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi pembelajaran berbasis lembar kerja Siswa dengan pendekatan saintifik sangat baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar di SMA Negeri 5 Medan pada pembelajaran biologi dengan materi struktur dan fungsi sel tahun pelajaran 2016/2017.