Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dengan pembelajaran Konvensional pada materi pokok virus di kelas X SMA Negeri 1 Lubukpakam. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas Eksperimen I (X4) dan Kelas Eksperimen II (X3) masing-masing sebanyak 41 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Inquiry Training sebesar 84,15 dengan standar deviasi 7,51 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas konvensional sebesar 80,24 dengan standar deviasi 8,02. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dapat dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan dimana thitung > ttabel yaitu 2,277 > 1,664 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diajar menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok virus di kelas X SMA Negeri 1 Lubukpakam T.P. 2016/2017.