PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 17 MEDAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X Semester I SMA Negeri 17 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 17 Medan T.P 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning diperoleh rata-rata Pre-test 39,94 dengan standard deviasi 6,71 dan nilai rata-rata Post-test 72,37 dengan standard deviasi 10,98. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 38,37 dan standard deviasi 7,61 sedangkan rata-rata Post-test 65,44 dengan standard deviasi 8,86. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,10 dan ttabel =1,6697 (thitung > ttabel =3,10 > 1,6697) pada taraf signifikan α = 0,05 dan dari hasil analisa data dapat diperoleh hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 17 Medan T.P 2016/2017.