PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontro. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi aktivitas. Nilai rata-rata pretes kleas eksperimen 23,90 dan kelas kontrol 21,33. Data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes di peroleh thitung < ttabel (1,48881 < 1,997) maka H0 di terima artinya kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Postes diberikan pada kedua kelas dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 68,52 dan kelas kontrol 62,09. Dan rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 9,01 termasuk kategori sangat aktif. Sedangkan rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan model pembelajaran Konvensional adalah 7,94 termasuk kategori aktif. Hasil pengolahan data postes diperoleh thitung > ttabel (8,806>1,668) Ha diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pokok kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2016/2017.